Bagaimana Cara Mengubah Ukuran di Canva? - Blog Digital Marketing Indonesia Terlengkap
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mengubah Ukuran di Canva?

Bagaimana Cara Mengubah Ukuran di Canva


Membuat desain untuk konten grafis seperti untuk post Instagram, Pinterest, twitter, membuat logo, membuat pamflet, banner dan lain sebagainya bagi sebagian orang dianggap sulit. 

Namun, jika Anda memilih aplikasi desain atau aplikasi edit yang tepat, pekerjaan membuat desain untuk konten grafis pun bisa menjadi lebih mudah. Salah satunya bisa Anda coba dengan menggunakan Canva. 

Tools/aplikasi satu ini memang menjadi salah satu aplikasi editing dan desain yang cukup banyak digunakan. Apalagi untuk kebutuhan desain sederhana. Banyak diantara pengguna aplikasi ini yang mungkin juga belum tahu bagaimana menggunakan salah satu fitur di dalamnya, seperti misalnya bagaimana cara mengubah ukuran di Canva. 

Langkah-Langkah Cara Mengubah Ukuran di Canva 


Canva yang merupakan sebuah tools/aplikasi editing ini menawarkan banyak keunggulan dan kemudahan untuk penggunanya. Disebut tools/aplikasi karena memang Canva tersedia dalam 2 bentuk berbeda, yaitu dalam bentuk situs web editing dan aplikasi mobile. 

Keduanya juga sama-sama bisa dinikmati secara gratis maupun berbayar. Di dalamnya juga tersedia banyak layout dan template desain yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat desain atau mengedit dengan lebih cepat, mudah dan hasil memuaskan. 

Pengguna fitur dan layanan Canva masing-masing menu dan fitur yang ada di dalam Canva. Ada berbagai menu di dalam Canva yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat desain yang sesuai kebutuhan Anda. Misalnya ada template desain, ada fitur teks, background dan lain sebagainya. 

Satu lagi fungsi yang jarang dibicarakan oleh pengguna Canva adalah mengubah ukuran file. Cara mengubah ukuran di Canva juga terbilang mudah dan bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. 

Pertama cara mengubah page orientation. Ukuran page orientation canvas yang digunakan untuk mengedit ini sayangnya hanya bisa Anda temukan jika Anda pengguna Canva Pro, Canva for Enterprise dan Canva for Education. 

Cara mengubah ukuran page orientationnya pun santat mudah. Pertama buat desain atau buka desain yang sudah ada. Selanjutnya klik menu 'Resize' yang berada di atas editor. Setelah itu Anda akan bisa melihat dimensi desain pada bagian custom size. 

Ubah ukuran pada bagian 'height' dan 'width' dengan ukuran yang Anda inginkan. Atau, Anda juga bisa memilihnya dari pilihan preset yang tersedia. Terakhir tinggal klik 'Copy & Resize. 

Jika sebelumnya adalah cara mengubah ukuran di Canva untuk mengganti ukuran page orientation, yang mana hanya tersedia pada beberapa versi Canva tertentu saja, maka selanjutnya akan bersifat lebih umum. 

Selanjutnya adalah cara mengubah ukuran (resize) dan memotong ukuran (crop) elemen-elemen yang digunakan pada desain Canva yang Anda buat. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya. 

1. Klik pada Elemen, Photo atau Textbox yang Akan Diubah 


Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengubah elemen-elemen editing pada Canva adalah klik dulu elemen yang akan diubah ukurannya. 

Yang dimaksud dengan elemen disini adalah komponen atau desain apa saja yang ada di dalam template desain yang Anda gunakan. Misalnya ada photo, textbox ataupun elemen-elemen lainnya. 

2. Klik 'Crop' 


Jika sudah, cara mengubah ukuran di Canva selanjutnya adalah klik pada menu 'Crop' yang ada di toolbar yang berada di bagian atas canvas editor. Di toolbar di bagian atas editor ini ada berbagai menu yang bisa digunakan untuk membantu proses editing, salah satunya adalah menu 'Crop'. 

3. Klik pada Salah Satu Lingkaran Handle Berwarna Putih 


Selanjutnya jika Anda ingin mengubah ukurannya tanpa memotong bagian elemen yang akan diubah, tinggal klik pada salah satu Lingkaran putih yang ada di setiap sudut sisi elemen. Geser handel berwarna putih tersebut sampai Anda mendapatkan ukuran yang sesuai keinginan. 

Sedangkan jika ingin memotong elemen yang ada (crop), maka geser tanda putih crop yang ada di pinggir photo untuk memotong bagian foto atau elemen tersebut. Kemudian klik di bagian luar elemen tersebut kemudian klik pada tombol 'Done'. 

Cara ini bisa Anda gunakan hanya untuk mengubah ukuran elemen desain saja, bukan ukuran desain yang Anda buat, jika Anda menggunakan Canva versi gratis. Lalu bagaimana cara mengubah ukuran desain Canva yang akan dibuat. 

Cara Mengubah Ukuran di Canva


Anda bisa menggunakan fitur Resize sebagai cara mengubah ukuran di Canva untuk desain yang sudah Anda buat. Lagi-lagi, fitur ini hanya tersedia pada Canva Pro, Canva for Educations, Canva for Enterprise dan Canva for Nonprofits. Cara mengubah ukurannya pun tak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buat Desain Baru atau Buka Desain yang Sudah Dibuat 


Langkah pertama untuk mengubah ukuran desain Canva Anda adalah buat desain baru pada canvas yang tersedia. Atau, jika sebelumnya Anda sudah bekerja pada desain Anda sendiri, buka desain yang sudah Anda buat sebelumnya. Pada halaman editor atau pada canvas editing ini Anda akan melihat berbagai menu di bagian atas.

2. Klik Menu 'Resize' 


Dari berbagai menu yang tersedia di toolbar di bagian atas editor, Anda akan melihat ada menu 'Resize'. Klik pada menu tersebut. Sayangnya, Anda tidak bisa memasukkan dimensi secara custom. Jadi ketika Anda menggunakan photo pada desain dengan bentuk kotak berukuran 400x500 misalnya, fitur resize ini akan sangat membantu Anda untuk mengubah ukuran menjadi sesuai seperti yang Anda inginkan. 

Umumnya memang bentuk gambar yang digunakan adalah kotak, sehingga jika Anda ingin mengubah menjadi ukuran sosial media post, seperti Instagram, twitter atau Pinterest post misalnya, maka fitur ini akan bekerja dengan baik. Anda masih harus mengecek ulang pada tema desain yang Anda gunakan untuk memastikan apakah ukuran yang Anda inginkan tersedia atau tidak.

3. Pilih Preset Dimensions atau Masukkan Custom Dimensions 


Jika Anda memiliki pin, maka akan lebih memudahkan dalam proses ini. Selanjutnya Anda hanya perlu 'Copy & Resize' pin yang sudah Anda buat sebelumnya, kemudian pilih resize dan pilih ukuran sosial media yang Anda inginkan untuk ukuran desain yang akan diubah. 

Maka selanjutnya proses copy dan resize akan dilakukan berdasarkan ukuran yang sudah terpilih tersebut. Tinggal atur dan sesuaikan gambar yang And gunakan agar sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

4. Download Desain 


Langkah terakhir dari cara mengubah ukuran di Canva adalah tinggal download desain yang sudah Anda buat. Jika Anda sudah mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas dan menyesuaikan ukuran desain berdasarkan keinginan atau kebutuhan, maka terakhir tinggal download hasil desainnya.

Klik tombol download yang ada di bagian kanan atas tampilan, maka hasil desain Anda akan tersimpan di memori penyimpanan perangkat yang Anda gunakan. 

Demikian tadi penjelasan tentang bagaimana cara mengubah ukuran di Canva ataupun merubah ukuran foto atau logo di Canva. Karena di dalam Canva sudah tersedia template dengan berbagai ukuran, sebenarnya mengubah ukuran desain tidak begitu dibutuhkan. 

Ini juga karena fitur ini tidak tersedia pada Canva versi gratis. Pada Canva versi gratis, Anda hanya bisa mengubah ukuran elemen-elemen yang digunakan untuk editing saja, tidak keseluruhan.

2 komentar untuk "Bagaimana Cara Mengubah Ukuran di Canva?"

  1. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang programmer terutama software developer. Anda bisa mengujungi blog saya, karena blog saya ini membahas seputar tentang software developer dan juga software engineer
    Software Developer

    BalasHapus