Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Landing Page dan Bagaimana Cara Membuat Landing Page

Apa Itu Landing Page dan Bagaimana Cara Membuat Landing Page


Pernahkah Anda mendengar istilah landing page? Kalau Anda tidak berkutat dengan situs-situs website, mungkin istilah ini masih tidak cukup dikenal. 

Padahal, jika Anda sering mengakses berbagai situs di internet, Anda pasti pernah mengakses landing page ini. Landing page sendiri adalah sebuah halaman pada website yang memang dibuat untuk meningkatkan penjualan ataupun mengumpulkan ads yang berguna untuk kebutuhan bisnis. 

Karena itu jika Anda memiliki website sendiri, Anda juga harus bisa cara membuat landing page sendiri agar bisa mendapatkan ads. 

Apa Itu Landing Page


Ketahui Pengertian dan Jenis-Jenis Landing Page Sebelum Mempelajari Cara Membuat Landing Page 
Umumnya, landing page ini berbentuk satu halaman khusus dimana di dalamnya hanya berisi konten tanpa ada tombol untui melanjutkan atau mengalihkan ke halaman lain. 

Landing page atau halaman penawaran ini berbeda dengan homepage, karena homepage adalah halaman awal website dimana pengunjung bisa memahami dan mencari tahu secara menyeluruh website atau bisnis yang Anda jalankan melalui website tersebut. 

Sementara landing page, dibuat untuk menghasilkan conversion. Artinya, dibandingkan dengan homepage, landing page memiliki lebih sedikit link dan dibuat dengan tujuan agar pengunjung, yang notabene pembeli, dapat mengambil keputusan di halaman tersebut. Entah itu untui sign up, subscribe ataupun membeli produk yang ditawarkan.

Sebelum mempelajari bagaimana cara membuat landing page, Anda harus tahu dulu jenis-jenis landing page. Secara umum, landing page dibagi ke dalam dua jenis, yaitu click through landing page dan lead generation landing page. Berikut adalah penjelasan dan perbedaan keduanya. 

Jenis Jenis Landing Page


1. Lead Generation Landing Page 


Jenis landing yang pertama adalah lead generation landing page. Landing page jenis ini dibuat untuk mengumpulkan informasi-informasi dari leads (pelanggan potensial) seperti informasi email misalnya. 

Nah, perusahaan atau pihak yang membuat landing page ini akan memberikan ganti, baik berupa layanan konsultasi gratis, buku elektronik gratis atau layanan sejenisnya. 

2. Click Through Landing Page 


Jenis landing page kedua adalah click through landing page. Jenis landing page ini dibuat dengan tujuan sebagai lokasi dimana calon konsumen melakukan transaksi pembelian. 

Pada jenis landing page ini terdalat CTA (Call to Action) yang jelas pada pengguna untuk membeli produk yang ditawarkan. 

Tips dan Langkah-Langkah Cara Membuat Landing Page 


Setelah mengetahui apa saja jenis landing page, selanjutnya adalah bagaimana cara membuat landing page. Membuat landing page bisa dilakukan secara manual dengan beberapa menu yang ada di Wordpress atau Anda juga bisa memanfaatkan beragam plugin yang memang disediakan untuk membuat landing page. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya dengan menggunakan Plugin Beaver Builder

1. Tentukan Tujuan Landing Page 


Sebelum melangkah ke tahapan cara membuat landing page selanjutnya, pertama-tama tentukan dulu tujuan dari landing page yang akan Anda buat. Sesuai dengan penjelasan tentang jenis-jenis landing page sebelumnya, jika Anda sudah mengetahui untuk apa landing page ini dibuat, maka selanjutnya 

Anda bisa memilih salah satunya. Jika hanya ingin mendapatkan data pengunjung, maka jenis yang dipilih adalah lead generation. Berbeda jika tujuannya adalah untuk iklan, menawarkan produk, maka digunakan jenis landing page yang kedua. 

2. Siapkan Copy 


Copy adalah teks yang secara khusus dibuat untuk pemasaran. Kegiatan membuat copy disebut dengan copywriting. Sebelum membuat landing page, pastikan Anda sudah membuat copy yang baik. Ini karena copy yang baik akan sangat berpengaruh pada landing page yang dibuat.

3. Siapkan Informasi Berbentuk Visual

 
Jika sudah, tahap cara membuat landing page selanjutnya adalah siapkan Informasi visual yang nantinya akan ditampilkan di landing page. Informasi visual ini dapat dibuat dalam bentuk gambar ataupun video. 

Pastikan informasi visual yang disajikan adalah informasi yang menjelaskan tujuan dari landing page yang Anda buat. Bagian ini dipersiapkan lebih dulu karena apabila landing page sudah dibuat maka bagian-bagian ini tinggal diletakkan dan ditata saja.

4. Pasang dan Aktivasi Plugin Beaver Builder 


Jika sudah, langkah selanjutnya adalah pasang plugin landing page sesuai keinginan Anda. Ada banyak plugin untuk landing page dengan berbagai keunggulan. Penggunaan plugin dinilai lebih efektif karena di dalamnya sudah tersedia banyak template landing page yang siap digunakan. 

Anda hanya perlu mengisi konten dan menata saja. Kali ini plugin yang akan digunakan adalah Beaver Builder. Jika sudah masuk ke menu 'Settings' pada Beaver Builder untuk melakukan pengaturan konfigurasi.

5. Masukkan License Key 


Tahap selanjutnya adalah masukkan license key. License key ini bisa didapatkan jika Anda sudah mendaftarkan akun di Beaver Builder. Setelah membuat akun, Anda akan mendapatkan kode lisensi tersebut.

6. Masuk ke Menu 'Pages' > Add New 


Tahap cara membuat landing page selanjutnya adalah masuk ke tahap pembuatan. Untuk membuat landing page baru, pada plugin Beaver Builder ini, pilih menu 'Pages' kemudian pilih lagi opso 'Add New'. 

Disini sudah banyak tema Wordpress yang tersedia, baik template page builder hingga template full width pun tersedia disini. Template yang disediakan ini sudah kompatible dengan plugin untuk landing page. Apabila pada tema Wordpress yang digunakan belum ada template full width, Anda pun bisa langsung membuat di Beaver Builder.

7. Pilih Page Builder Kosong 


Berikutnya, pada kolom Page Attributes yang berada di bagian kanan tampilan, pilih pada opsi 'Page Builder Kosong' atau pilih 'Template full-width'. Setelah itu, tuliskan judul landing page yang Anda buat di dalam kolom judul. Setelah selesai klik Save. Setelah itu, klik pada tab Beaver Builder yang berada di bagian atas post editor untuk membuka editornya.

8. Klik 'Add' dan Ubah Menjadi Tab Template 


Setelah itu, Beaver Builder akan beralih menampilkan template halaman dari pilihan yang sudah Anda pilih sebelumnya. Klik tombol 'Add' yang ada di bagian pojok kanan atas lalu ubah menjadi tab template. Beaver Builder juga sudah menyiapkan beberapa template siap pakai. Anda bisa memilih salah satunya yang menurut Anda cocok, lalu preview pun akan ditampilkan.

9. Pilih Poin Apa pada Template 


Jika sudah tahapan cara membuat landing page selanjutnya adalah pilih poin-poin apa saja yang terdapat di dalam template tersebut. Jika ada yang perlu diedit, maka edit saja poin-poin tersebut. Anda pun bisa mengurangi atau menambah item kolom pada template tersebut dengan klik pada tab baris (Row).

10. Ganti Teks, Warna dan Tampilan di Module 


Selanjutnya, beralih ke tab Module. Di tab ini bertujuan untuk mengubah atau mengedit tampilan dari Template yang sudah Anda pilih. Pada tab ini Anda bisa mengganti warna, teks, heading, background, menambahkan audio, video, countdown time ataupun menyesuaikan tinggi dan lebar kolom. 

Inilah mengapa sebelumnya Anda sudah harus menyiapkan copy dan informasi visual. Jika sebelumnya Anda sudah membuat copy dan informasi visual, pada bagian ini Anda tinggal memasukkan dan mengedit saja, tidak perlu membuat dari awal.

11. Klik Tombol 'Done'


Setelah memastikan semua konten yang dibutuhkan untuk landing page sudah ditambahkan dan sudah sesuai dengan keinginan Anda, maka sebenarnya proses pembuatan landing page dengan plugin Beaver Builder pun sudah selesai. 

Terakhir, tinggal klik tombol 'Done' yang berada di pojok bagian atas tampilan. Anda bisa menyimpan landing page yang sudah dibuat ini atau bisa juga langsung menerbitkannya. 

Langkah-langkah di atas hanyalah satu dari banyak cara membuat landing page yang bisa Anda ikuti. Plugin yang bisa digunakan untuk membantu memudahkan pembuatan landing page juga banyak. 

Anda bisa memilih salah satu plugin yang sesuai dengan keinginan. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat membuat landing page agar lebih menarik dan pastinya lebih efektif. Berikut beberapa tipsnya.

Tips dalam Membuat Landing Page


1. Hindari Bar Navigasi 


Hal ini sebenarnya merupakan kesalahan paling umum yang dilakukan oleh pemilik website dengan meletakkan bar navigasi di landing page. Padahal, tujuan dari adanya landing page adalah agar pengunjung bertahan di satu halaman tertentu saja. 

Dengan begitu fokus pengunjung pun akan tertuju pada penawaran yang diberikan di landing page tersebut. Dengan adanya bar navigasi ini justru membuat pengunjung meninggalkan landing page.

2. Buat Desain yang Bersih dan Rapi 


Landing page dibuat dengan tujuan untuk membuat konversi pengunjung menjadi leads atau pelanggan menjadi lebih mudah. Struktur dan tampilan keseluruhan landing page sangat berpengaruh pada efektifitas landing page itu sendiri. 

Karena itu, untuk membuatnya efektif, gunakan desain yang bersih dan rapi. Gunakan gambar dan warna yang menarik. Kalau perlu padukan warna yang lebih kreatif sehingga tampilan landing page bisa lebih menarik.

3. Satu Landing Page untuk Satu Penawaran 


Saat membuat landing page, ingat aturan utama yang juga akan membuat efektifitas landing page meningkat. Tempatnya satu penawaran di satu landing page. Apabila Anda meletakkan lebih dari 1 penawaran pada 1 landing page, maka konversi pun akan semakin berkurang bahkan hingga 266%.

4. Berikan Trust Signal 


Salah satu faktor yang membuat landing page bisa dibilang efektif adalah adanya trust signal. Trust signal ini sendiri bisa berupa testimoni yang diberikan oleh pelanggan, daftar klien atau pengguna yang sudah menggunakan produk yang ditawarkan tersebut atau liputan dari media massa. Dengan trust signal ini pelanggan sudah ditunjukkan bukti bahwa mereka sudah memilih tempat yang tepat.

5. Landing Page Mobile Friendly 


Penggunaan perangkat mobile saat ini yang terus meningkat bahkan melebihi penggunaan komputer juga harus menjadi pertimbangan saat membuat landing page. Semakin banyaknya pengguna perangkat mobile membuat Anda harus siap membuat landing page yang mobile friendly. 

Artinya, landing page yang dibuat tersebut juga bisa diakses bahkan melalui perangkat berbasis mobile. Berdasarkan data, landing page yang ada saat ini bahkan hanya 50% saja yang mobile friendly. Jika Anda tidak bisa membuat landing page mobile friendly, maka Anda pun bisa kalah dalam persaingan landing page ini. 

Nah, itu tadi adalah penjelasan lengkap tentang landing page. Mulai dari pengertian, jenis-jenis, cara membuat landing page, hingga tips membuat landing page yang efektif. 

Plugin Gratis Terbaik Membuat Landing Page

Selain Beaver Builder, plugin yang paling banyak digunakan untuk membuat halaman penawaran saat ini adalah elementor. Kabar baiknya elementor tersedia dalam versi gratis dan bisa di instal langsung dari dasrboard wordpress anda.

Sayangnya tidak semua tentu bisa menggunakannya, jika ingin membuat landing page menggunakan elementor download sekarang 17 Video Panduan Step By Step Membuat Landing Page Menggunakan Elementor Disini.

Landing page bagi kebutuhan bisnis adalah sebuah media promosi yang sangat efektif karena dapat mendatangkan leads atau pengguna potensial. 

Karena itu dalam membuat landing page harus benar-benar dipikirkan dengan matang, mulai dari tujuan pembuatannya hingga desain yang digunakan. 

Dengan begitu nantinya landing page yang sudah dibuat bisa berfungsi sebagaimana tujuan awal pembuatan landing page tersebut dan pastinya efektif untuk bisnis yang dijalankan. 

Posting Komentar untuk "Apa Itu Landing Page dan Bagaimana Cara Membuat Landing Page"

https://edigital.id/wbs
https://edigital.id/virol/
https://edigital.id/wacs/
https://edigital.id/wbs