Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah - Langkah Cara Membuat Twibbon di Canva



Banyak dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah Twibbon, apalagi pengguna sosial media seperti Instagram atau Twitter. Twibbon ini adalah bingkai foto yang dibuat dengan desain menarik dan unik sebagai salah satu cara untuk promosi ataupun dukungan terhadap suatu hal. 

Twibbon ini sangat ampuh digunakan sebagai media promosi maupun dukungan. Biasanya berupa poster ataupun banner. 

Jika dibutuhkan Anda juga bisa membuat sendiri twibbon ini untuk berbagai kebutuhan promosi. Membuatnya pun kini tak lagi sulit karena Anda bisa menggunakan cara membuat Twibbon di Canva melalui perangkat mobile Anda. 

Cara Membuat Twibbon di Canva yang Mudah dan Cepat 


Meskipun twibbon sudah digunakan sejak lama untuk kebutuhan promosi ataupun dukungan, namun jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu, membuat twibbon sekarang relatif lebih mudah. Jika beberapa tahun yang lalu untuk membuat twibbon harus menggunakan software editing yang cenderung lebih sulit digunakan, maka kini jauh lebih mudah. 

Hanya dengan memanfaatkan smartphone dan aplikasi editing, Anda sudah bisa membuat twibbon dengan lebih mudah dan cepat. Salah satu aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat twibbon adalah Canva. Cara membuat twibbon di Canva adalah cara membuat twibbon paling mudah yang bisa Anda coba. 

Sedikit berbeda dengan membuat twibbon dengan aplikasi atau software lain, membuat twibbon dengan Canva memang lebih mudah. Jika membuat twibbon dari aplikasi atau software lain seperti corel atau photoshop, maka Anda harus membuat desain dari awal. 

Membuat satu per satu komponen di dalan twibbon tersebut tentu tidak akan mudah dan membutuhkan waktu lebih lama. Karena itu, jika menggunakan Canva Anda akan bisa membuat twibbon dengan lebih mudah dan cepat. 

Hal ini karena di Canva sudah ada template desain yang siap Anda gunakan untuk membuat desain twibbon Anda. Dengan begitu membuat twibbon juga akan lebih mudah dan cepat. 

Canva sendiri merupakan sebuah situs desain dimana di dalamnya tersedia banyak sekali template dan desain yang Anda gunakan untuk membuat berbagai desain menarik. Situs ini tidak hanya menyediakan fitur untuk mengedit foto saja, namun juga menyediakan fitur untuk membuat banner, pamflet dan lain sebagainya. 

Template di Canva ini bisa Anda custom sendiri untuk membuat twibbon sesuai yang Anda inginkan. Nah, di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah cara membuat twibbon di Canva yang bisa Anda ikuti. 

1. Buka Laman Canva 


Langkah pertama membuat twibbon di Canva adalah buka dulu laman Canva. Anda busa mengaksesnya di canva.com atau mencari situs canva melalui mesin pencari. 

Setelah menemukannya dan masuk ke halaman awal Canva, Anda akan diminta untuk login. Proses login ini perlu dilakukan agar Anda bisa menikmati berbagai fitur yang disediakan oleh Canva. 

Anda bisa masuk menggunakan akun Google dengan memasukkan alamat email dan password email Anda. 

Anda pun bisa memilih login dengan akun Facebook dengan cara memilih dengan cara klik tombol berbentuk segitiga di samping ikon login. Setelah itu pilih masuk dengan akun google atau gmail. 

2. Pilih Salah Satu Fitur 


Langkah selanjutnya dari cara membuat twibbon di Canva setelah Anda login adalah pilih salah satu fitur yang tersedia. Begitu Anda sudah login dan masuk ke halaman utama Canva, maka Anda akan langsung bisa melihat beragam fitur, mulai dari Crad, Instagram post, flyer, Facebook Post, Twitter Post, Social Media, poster dan lain sebagainya. Untuk membuat twibbon, rekomendasi fitur yang bisa Anda pilih adalah Twitter Post.

 
3. Pilih Fitur untuk Custom Desain 


Setelah memilih fitur yang tersedia di menu utama Canva, selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman custom desain atau halaman edit desain dari Canva. Di halaman ini Anda bisa mengedit kembali desain dari yang sudah Anda pilih sebelumnya. 

Disini Anda juga akan menemukan beberapa fitur tambahan untuk mengedit desain yang Anda pilih seperti layouts, search, text, element, background hingga upload.
 

4. Pilih 'Search' > Frame 


Jika sudah, langkah dari cara membuat twibbon di Canva selanjutnya adalah pilih frame untuk twibbon. Dari fitur yang disediakan di halaman sebelumnya, Anda bisa memilih fitur search, lalu ketikkan 'Frame' untuk mencari desain frame untuk twibbon yang Anda inginkan. 

Setelah mengetikan 'Frame' di fitur pencarian, akan ada banyak hasil pencarian bingkai yang bisa Anda gunakan. Pilih salah satu sesuai keinginan Anda. 

5. Tambahkan Teks 


Langkah selanjutnya adalah pilih twibbon yang Anda inginkan, jangan lupa menyesuaikan desainnya dengan kebutuhan Anda. 

Untuk membuat twibbon Anda semakin menarik, Anda bisa menambahkan teks pada desain twibbon yang Anda buat. Untuk menambahkan teks, gunakan fitur 'Text' yang tersedia. 

6. Ubah Background 


Tahap berikutnya, ubah background pada desain twibbon yang Anda buat. Background twibbon yang sudah Anda buat sebelumnya mungkin kurang sesuai dengan keinginan Anda, maka dari itu Anda bisa mengubahnya dengan memilih fitur 'Background'. Kemudian, pilih jenis background yang tersedia sesuai dengan background yang Anda inginkan. 

7. Tambahkan Foto 


Karena twibbon umumnya digunakan untuk tujuan promosi atau dukungan, maka biasanya akan disertai dengan foto atau gambar dari orang yang ingin didukung atau dipromosikan. Untuk menambahkan foto, Anda bisa menggunakan fitur upload. 

Cara membuat twibbon di Canva untuk menambahkan foto dengan memanfaatkan fitur upload adalah, pertama pilih menu 'Uploads'. Setelah itu, pilih foto yang Anda inginkan dari memori penyimpanan perangkat Anda. Jika sudah klik 'Oke'. 

8. Download Twibbon yang Sudah Jadi 


Langkah terakhir dari cara membuat twibbon di Canva adalah mengunduh hasil desain twibbon yang sudah Anda buat. 

Jika Anda sudah selesain membuat desain twibbon sesuai keinginan dan kebutuhan Anda, maka selanjutnya tinggal mengunduh hasil desain yang sudah Anda buat tersebut. Caranya, klik pada tombol 'Download' lalu kemudian pilih 'File Type'. 

Setelah memilih opsi File Type, Anda akan diberikan beberapa pilihan tipe file. Pilih salah satu. Setelah itu, klik pada tombol 'Download' lalu tentukan lokasi penyimpanan untuk menyimpan hasil editing twibbon Anda. Terakhir tinggal klik 'Oke' maka hasil editing twibbon Anda akan tersimpan di lokasi penyimpanan yang sudah Anda tentukan sebelumnya. 

Membuat twibbon untuk kegiatan promosi atau dukungan merupakan hal yang umum dilakukan oleh pengguna sosial media. 

Twibbon yang merupakan kombinasi antara gambar dan bingkai ini sering dijadikan media promosi yang terbilang cukup efektif. 

Ada berbagai aplikasi maupun software yang digunakan untuk membuat twibbon ini. Salah satunya adalah Canva. Penjelasan di atas adalah beberapa tahap cara membuat twibbon di Canva yang bisa Anda ikuti. 

Canva dipilih karena disini sudah banyak template yang tinggal digunakan oleh pengguna. Selain Canva sebenarnya ada banyak aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat twibbon. Namun, Canva ini adalah aplikasi yang paling mudah digunakan. 

Posting Komentar untuk "Langkah - Langkah Cara Membuat Twibbon di Canva"

https://member.edigital.id/product/canva/
https://edigital.id/virol
https://member.klikdigital.co.id/aff/go/anangili?i=34
https://edigital.id/wbs