Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Langkah dan Cara Membuat CV di Canva Secara Mudah

Cara Membuat CV di Canva curriculum vitae

Saat ini untuk membuat CV yang menarik bisa dilakukan secara mudah. Sudah ada banyak aplikasi maupun laman yang memberikan fitur pembuatan CV berbagai template. 

Canva merupakan salah satu portal editing yang turut menyediakan template pembuatan CV. Terdapat ratusan hingga ribuan model inspirasi curriculum vitae yang bisa Anda pakai sesuai kebutuhan. Berikut beberapa cara membuat cv di canva yang mudah dan praktis. 

Langkah dan Cara Membuat CV d Canva Secara Mudah


Canva adalah sebuah platform editing yang menyediakan beragam template maupun komponen guna kepentingan mengedit. Canva bisa diakses secara online, bisa dengan aplikasi ataupun situs web. 

Jika pada smartphone, Canva sudah tersedia dalam versi aplikasi yang mudah pengoperasiannya. Adapun Canva web keduanya dapat diakses pada perangkat smartphone ataupun PC.

1. Memilih Jenis Editing


Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat CV dengan menggunakan Canva adalah memilih jenis editing. Seperti disampaikan sebelumnya, Canva mempunyai banyak sekali jenis dari berbagai jenis editing. 

Bahkan setiap jenisnya bisa memiliki ‘cabang’ template yang jumlahnya mencapai ribuan. Oleh karena itu, pertama-tama Anda harus memilih jenis editing khusus template CV.

Buka platform Canva, bisa melalui aplikasi ataupun website. Lakukan log in jika memang dibutuhkan, yaitu dengan cara mengisikan email dan password. Selain itu, bisa juga dengan log in melalui Facebook atau Google. 

Setelah itu Anda akan diarahkan pada home Canva. Pilih gambar menyerupai kaca pembesar (fitur pencarian) yang terdapat pada bagian kiri, ketikkan resume atau CV sebagai kata key search. Pilih salah satu dari hasil pencarian.

2. Memilih Template CV


Cara membuat cv di canva selanjutnya adalah pilih template CV sesuai keinginan. Dari sekian banyak hasil pencarian yang ditampilkan sistem, Anda bebas memilih manapun berdasarkan kebutuhan dan selera. 

Jika Anda tergolong menyukai cara-cara praktis dan enggan ribet, maka dapat menggunakan langsung template yang ada. Hanya perlu mengubah beberapa bagian isi seperti biodata, pengalaman, dan lain-lain.

Namun jika Anda seorang yang suka editing, boleh mengedit bagian template tertentu. Anda pun bisa melakukan kustomisasi sesuai keinginan, misalnya saja, Anda ingin mengubah jenis font judul. Atau mungkin saja Anda ingin menambah atau mengurangi kolom/lajur yang ada, bisa disesuaikan kebutuhan.

Setelah diarahkan pada Homepage Canva, Anda harus mengklik “Create Design” untuk bisa membuat CV dari template yang telah dipilih. Pilih salah satu template yang akan hendak digunakan. Jika sudah fix, selanjutnya klik template tersebut dan Anda akan diarahkan pada tools editing template.

3. Memilih Foto yang Sesuai


Cara membuat cv di canva setelah itu adalah memilih foto yang akan dijadikan sebagai kepala dan profile resume. Alangkah lebih baik jika foto yang diinputkan yakni full face atau full body. Foto yang dipilih ini akan dijadikan sebagai pembukaan profile, maka harus dipilih dengan saksama dan hati-hati.

Cara memasukkan foto pada page lembar kerja adalah sebagai berikut. Pertama, drag foto dan tahan sementara dialihkan ke dari page lembar kerja. Lepaskan drag foto pada tempat yang disediakan. 

Selain cara drag and drop ini, Anda juga bisa memasukkan foto dengan mengklik langsung kolom foto kemudian memilih gambar dari galeri yang sesuai standar.

4. Menginput dan Mengedit Data


Cara membuat cv di canva yang berikutnya adalah menginput dan mengedit data. Template CV yang telah disediakan oleh Canva memungkinkan banyak kustomisasi, sehingga dapat diatur sendiri oleh penggunanya. Anda hanya perlu memasukkan data sesuai yang diminta template. Caranya adalah sebagai berikut.

Pertama, tempatkan kursor pada template yang hendak diisi. Ketikkan data apa saja yang merasa perlu ditambahkan untuk CV. Setelah itu, lanjutkah dengan mengedit data, meliputi pemilihan jenis dan ukuran font, pemilihan posisi font, dan sebagainya. Tersedia berbagai macam font yang dapat digunakan dengan beragam karakteristik. 

5. Menyimpan Sesuai Format yang Diinginkan


Cara membuat cv di canva setelahnya adalah menyimpan file sesuai format yang diinginkan. Apabila Anda telah selesai memasukkan data kemudian mengeditnya, pastikan untuk menyimpan file dengan format yang disarankan oleh Canva. 

Format yang disarankan ini biasanya berupa PDF atau PNG. Anda dapat memilih salah satunya. Namun ada beberapa format yang hanya bisa diunduh PNG jika sudah menjadi premium member. Lebih baik hindari yang seperti ini apabila Anda masih log in menggunakan akun berfitur Free. 

Untuk menyimpan file, pertama arahkan kursor pada tombol tanda panah ke bawah (tombol download) yang terletak pada bagian kanan toolbars. Lebih tepatnya tombol ini berada di antara tulis dan Share dan Publish. Klik tombol ini, selanjutnya tersedia berbagai pilihan file. 

Ada yang PNG khusus untuk gambar file dengan kualitas tinggi, kemudian ada pula file JPG untuk penyimpanan berupa gambar dalam ukuran dan kualitas lebih kecil. 

Di samping itu, terdapat pula opsi penyimpanan PDF dalam dua macam yaitu PDF Standard dan PDF Print. PDF Standard memungkinkan Anda menyimpan file CV berupa PDF yang kualitasnya tidak terlalu HD. 

Sementara itu, PDF Print umumnya dijadikan suggested file download oleh Canva yang berarti lebih baik Anda menyimpan file dalam format ini agar kualitasnya baik dan tidak rusak. 

Pilih salah satu dari file tersebut, klik saja maka Canva akan memproses penyimpanan file CV yang telah selesai dibuat pada drive Anda.

6. Mengunduh File CV


Cara membuat cv di canva yang terakhir yaknik mengunduh file. Setelah Anda memutuskan akan menyimpan file CV dalam format apa, selanjutnya klik format yang diinginkan maka akan diarahkan pada halaman download. 

Tunggu beberapa saat ketika layar menampilkan tulisan Preparing Your Design... Jika sudah selesai, file CV secara otomatis akan tersimpan pada memori atau drive penyimpanan Anda.

Yang paling memudahkan dari Canva adalah, ketika Anda sudah selesai membuat suatu work, terdapat RAW yang secara otomatis tersimpan di beranda. RAW ini berupa file editing yang sewaktu-waktu bisa disunting lagi jika memang diperlukan. 

Sebagai contoh, jika disamakan dengan Photoshop maka pada Photoshop RAWnya berupa format PSD. File ini akan tersimpan pada menu All your design. 

Adapun dalam menu All your design ini menjadi arena untuk mengecek kembali work Anda. Oleh karena itu, apabila suatu saat hendak membuat editing yang serupa, tidak perlu memulai lagi dari awal karena hanya perlu mengedit dari yang sudah ada.

Itulah langkah dan cara membuat cv di canva secara mudah tanpa ribet. Canva termasuk platform yang sudah sangat lengkap menyediakan aneka template untuk berbagai kebutuhan. 

Cara menggunakan Canva pun tidak sulit, sehingga bagi pengguna baru tidak akan kesulitan. Template yang disediakan pun ada banyak ragamnya. Anda bisa mengkreasikan template yang ada ataupun hanya memodifikasi sedikit, semua dapat dilakukan dengan praktis. 

Posting Komentar untuk "6 Langkah dan Cara Membuat CV di Canva Secara Mudah"

https://member.edigital.id/product/canva/
https://edigital.id/virol
https://member.klikdigital.co.id/aff/go/anangili?i=34
https://edigital.id/wbs