Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Promosi Produk Lewat Whatsapp yang Baik dan Benar

Cara Promosi Produk Lewat Whatsapp yang Baik dan Benar
Cara Promosi Produk Lewat Whatsapp yang Baik dan Benar


Menjadi seorang pengusaha merupakan salah satu pekerjaan yang banyak digeluti oleh banyak orang. Selain karena tidak memperhatikan syarat pendidikan, bisnis juga banyak menguntungkan apabila penjualannya tepat pada sasaran.

Pada jaman modern seperti ini sangat memudahkan para pembisnis untuk berinovasi dengan cara promosi produk lewat whatsaap. Namun, untuk mendapatkan banyak konsumen promosi harus dilakukan secara baik dan benar seperti berikut ini.

8 Cara Promosi Produk Lewat Whatssap untuk Pembisnis


1. Memakai whatsapp yang berbasis bisnis


Cara promosi produk lewat whatsapp yang pertama adalah dengan mengganti whatsapp biasa Anda menjadi whatsapp business. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan konsumen. Sebab, whatsapp business menyediakan kelengkapan fitur untuk bisnis yang Anda miliki.

Fitur-fitur tersebut seperti lokasi, jadwal operasi toko, hingga situs web pada akun bisnis Anda. Sehingga konsumen akan lebih mudah untuk menemukan bisnis yang Anda jalankan. Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini Anda bisa langsung mendownloadnya di play store dengan gratis.

2. Promosi lewat status whatsapp


Nah, cara yang satu ini perlu diterapkan untuk Anda yang sedang berbisnis dan ingin mempromosikan produk.

Untuk membuat status ini Anda harus benar-benar memperhatikan tampilannya. Semakin baik tampilan promosi yang Anda buat semakin pula memperbesar konsumen akan tertarik. 

Biasanya para pembisnis akan mempercantik tampilan promosinya dengan menambahkan beberapa teks. Tak hanya itu saja, pemilihan warna juga menjadi hal penting untuk diterapkan. Alasan utamanya agar promosi yang Anda buat bisa menarik dan enak dipandang oleh calon konsumen.

3. Memperbanyak kontak pada whatsapp


Pada umumnya orang-orang akan lebih banyak memprivat nomor whatsappnya agar tidak menyebar. Tetapi hal berbeda justru terjadi pada pembisnis. Semakin banyak kontak di smartphone nya maka akan memperbesar pula customer yang akan didapatkannya.

Tak harus mengharapkan semua kontak bisa tertarik pada produk Anda, yang terpenting adalah mereka tahu tentang penawaran produk itu sendiri.

Agar kontak yang Anda miliki terus bertambah, sebaiknya lakukanlah promosi kontak pula pada sosial media lain. hal itu bertujuan untuk menarik pelanggan agar mengesave nomor dan tertarik pada produk yang Anda tawarkan.

Anda juga bisa meminta bantuan teman untuk menyebarkan nomor Whatsapp, sehingga hal itu akan menaikkan jumlah kontak kian harinya.

4. Membuat grup khusus


Cara promosi produk lewat whatsapp yang tak kalah penting adalah membuat grup khusus bisnis Anda. Dalam satu grup harus ada sekitar 150-200 orang yang mengisinya.

Anda akan lebih mudah mendapatkan konsumen baik teman, saudara, maupun orang luar. Pada grup khusus ini Anda bisa mengirimkan gambar produk,testimony dari konsumen, dan promo-promo menarik dari produk itu sendiri.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengirimkan gambar di grup. Misalnya saja jumlahnya, pastikan Anda tidak mengirimkan gambar lebih dari 10 dalam rentang waktu sehari.

Hal itu dikarenakan agar anggota yang ada di grup tidak merasa terganggu dan bisa melihat produk Anda secara keseluruhan. Anda juga diharapkan tetap aktif untuk terus menjaga komunikasi dengan mereka.

5. Melakukan broadcast


Jika Anda sudah memiliki kontak yang banyak hal yang perlu dilakukan untuk promosi ialah melakukan broadcast. Broadcast yang Anda lakukan bisa berupa pesan dan gambar poster.

Pastikan pula gambar poster yang Anda buat memiliki daya tarik sendiri untuk konsumen. Dalam sekali broadcast Anda perlu mengirimkannya minimal pada 250 kontak.

Broadcast ini merupakan Cara promosi produk lewat whatsapp yang terbilang efektif. Bagaimana tidak jika didalam grup angotanya dibatasi jumlahnya dan Anda hanya bisa mengirimkan promosi bergantung pada jumlah anggota.

Tetapi untuk broadcast ini Anda bisa bebas mengirimkan ke semua kontak. Untuk itu cara ini akan lebih mudah mendapatkan konsumen yang tertarik pada produk Anda.

6. Memberikan respon yang cepat pada pelanggan


Cara promosi produk lewat whatsapp yang tak kalah penting adalah dengan memberikan respon yang cepat ketika ada yang bertanya tentang produk Anda.

Hal itu bertujuan agar customer tidak kecewa dengan ketidaksiplinan yang dilakukan sehingga akan membantu membangun kepercayaan tersendiri untuk Anda. 

Meskipun terlihat sepele namun beberapa pembisnis bisa gagal jika mengabaikan cara yang satu ini. Untuk dapat menjalankan bisnis yang sukses diperlukannya kepercayaan dari konsumen.

Saat konsumen percaya akan kualitas produk yang dipilihnya, maka secara tidak langsung konsumen itu akan ikut berpartisipasi dalam proses promosi produk Anda. Baik dalam lingkup keluarganya atau para sahabatnya. Justru hal itu akan menguntungkan Anda.

7. Mendesain poster promo semenarik mungkin


Sebelum memulai berbagai jenis promosi alangkah baiknya jika Anda juga memastikan tampilan poster yang akan ditampilkan pada konsumen.

Banyak sekali poster dari produk-produk yang tidak bisa menarik konsumen karena tampilannya yang kurang cantik. Jika hal itu terjadi maka bisa dipastikan produk Anda akan kalah saing dengan produk lain.

Pada bagian ini sedikit memerlukan perhatian khusus. Mungkin Anda bisa menggunakan jasa desain poster untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Orang-orang yang mengerjakan poster Anda akan lebih tahu bagaimana untuk memadukan warna agar poster terlihat menawan. 

8. Melakukan promosi lewat pesan langsung


Cara promosi produk lewat whatsapp berikutnya ialah melakukan promosi lewat pesan secara langsung. Cara ini terbilang mirip dengan broadcast yang tertulis tadi, hanya saja untuk kapasitas orang yang mendapatkan pesan ini bisa dipilih.

Anda bisa melakukan ini saat baru mulai melakukan bisnis. Cobalah untuk mengirimkan promosi pada sahabat, keluarga atau pacar Anda.

Setelah hal itu berjalan lancar Anda bisa meminta bantuan untuk ikut mempromosikan produk. Seiring berjalannya waktu maka Anda akan semakin banyak mendapatkan konsumen. Memang kelihatannya tak terlalu sulit dilakukan, namun konsisten dalam menjalaninya yang akan membuat bisnis Anda kian sukses.

9. Memastikan kestabilan jaringan internet


Memastikan kestabilan jaringan pada internet yang Anda miliki juga menjadi faktor penting untuk mendukung kesuksesan promosi produk.

Semua akan terlihat percuma jika jaringan internet tidak mendukung. Selalu pastikan jika internet yang Anda miliki selalu lancar untuk bisa melayani pelanggan dengan baik.

Cara promosi produk lewat whatsapp yang satu ini masih sering dilupakan. Para pembisnis hanya terlalu fokus pada strategi promosi yang menarik. Padahal hal inilah yang sebenarnya menjadi komponen utama dalam melakukan promosi.

Jadi, sebelum memutuskan untuk membuat promosi lewat social media lebih baik memeriksa jaringan internet yang Anda miliki terlebih dahulu.

Beberapa Cara promosi produk lewat whatsapp cara diatas bisa Anda terapkan untuk membantu proses penjualan produk.

Kunci kesabaran dan ketelatenan dalam menghadapi berbagai keinginan konsumen akan membuat mereka tidak mudah berpindah pada produsen lain.

Untuk itu selalu berkomitmen terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan akan membawa pada titik kesuksesan.

Posting Komentar untuk "Cara Promosi Produk Lewat Whatsapp yang Baik dan Benar"

https://member.edigital.id/product/canva/
https://edigital.id/virol
https://member.klikdigital.co.id/aff/go/anangili?i=34
https://edigital.id/wbs