Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat Nomor Whatsapp yang Mudah


Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat Nomor Whatsapp

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi perpesanan instan yang cukup banyak digunakan oleh pengguna gadget. Whatsapp memiliki fitur yang sangat banyak dan masing-masing fiturnya memang sangat membantu memudahkan komunikasi penggunanya. 

Selain bertukar pesan berupa teks, Anda pun bisa mengirimkan berbagai jenis file, mulai dari dokumen, gambar, video, suara hingga membagikan lokasi terkini Anda kepada lawan bicara di whatsapp. 

Nah, dengan adanya fitur-fitur ini, Whatsapp juga sering digunakan sebagai salah satu metode untuk melacak lokasi dari pengguna whatsapp tersebut. Cara melacak lokasi seseorang lewat nomor whatsapp ini bisa Anda manfaatkan saat dalam keadaan mendesak.

Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat Nomor Whatsapp Cepat dan Mudah


Bagi pengguna whatsapp pasti sudah tidak asing dengan fitur share location yang ada di dalamnya. Fitur ini memungkinkan Anda sebagai pengguna whatsapp untuk bisa berbagai lokasi terkini kepada orang lain yang notabene ada di dalam kontak melalui ruang obrolan whatsapp.

Nah, cara ini bisa dilakukan jika antara Anda dengan orang tersebut sedang melakukan percakapan di ruang obrolan whatsapp. Sehingga, antara Anda dan pengguna lain bisa saling mengirimkan lokasi terkini.


Bagaimana jika Anda dihadapkan pada situasi dimana Anda harus melacak keberadaan seseorang melalui nomor whatsapp tersebut? Misalnya ketika Anda kehilangan hp dan ingin mencari keberadaannya.

Atau juga misalnya ketika Anda dihadapkan pada kondisi lain yang serupa.  Nah, cara melacak lokasi seseorang lewat nomor whatsapp ini bisa Anda manfaatkan. Anda bisa mengetahui keberadaan orang tersebut tanpa membuat orang yang Anda lacak itu tahu. Berikut caranya.

1.   Melalui Whatsapp Web


Anda pengguna layanan pesan instan whatsapp pasti sudah tahu bukan jika Whatsapp juga menawarkan fitur whatsapp web. Whatsapp web ini adalah layanan whatsapp yang bisa diakses melalui website. Jadi Anda bisa mengaksesnya di perangkat non mobile seperti komputer atau laptop tanpa harus mengunduh aplikasinya.

Layanan ini biasanya dibutuhkan oleh beberapa orang untuk kebutuhan tertentu atau untuk saat tertentu. Namun untuk menggunakan layanan ini, Anda juga harus sudah memiliki whatsapp mobile, karena nantinya untuk menggunakan whatsapp web ini harus dihubungkan melalui aplikasi whatsapp mobile dengan menggunakan barcode.


Nah, diantara kegunaan whatsapp web yang bisa Anda manfaatkan adalah untuk melacak lokasi atau keberadaannya hanya dengan menggunakan nomor whatsapp. Cara melacak lokasi seseorang lewat nomor whatsapp yang pertama ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan whatsapp web. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

- Buka Whatsapp Web melalui Komputer atau Laptop

Cara melacak lokasi seseorang lewat nomor whatsapp melalui layanan whatsapp web yang pertama adalah tentu saja buka dulu whatsapp web. Anda bisa membuka layanan whatsapp web ini dengan komputer atau laptop. Jika Anda belum tahu bagaimana caranya, tinggal ketikkan alamat whatsapp di mesin pencari. Pada tampilan awal akan langsung ditampilkan barcode yang harus Anda scan nantinya.

Kemudian, dari whatsapp mobile Anda, klik pada tanda titik tiga di bagian kanan atas tampilan whatsapp mobile Anda. Kemudian pilih pada menu Whatsapp Web. Saat melakukan langkah ini, pastikan ponsel Anda terhubung ke jaringan internet. Jika sudah, pada ponsel Anda akan langsung ditampilkan kamera untuk scan barcode di whatsapp web. Arahkan ke barcode dan posisikan hingga terscan dan Anda masuk whatsapp web.

- Buka Pesan Terakhir Orang yang Akan Dilacak

Jika sudah, langkah cara melacak lokasi seseorang  lewat nomor whatsapp selanjutnya buka pesan atau percakapan terakhir dengan orang yang ingin Anda lacak posisi atau lokasinya. Apabila pesan yang terakhir dikirim berjarak terlalu jauh, misalnya beberapa hari sebelumnya, cobalah melakukan percakapan lagi. Hal ini bertujuan untuk mendapat alamat IP dari pengguna tersebut.

- Masuk ke Task Manager

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah masuk ke menu Task Manager dengan menekan tombol ctrl+alt+del pada keyboard secara bersamaan. Jika sudah, setelah kotak task manager muncul, tekan tombol Windows+R secara bersamaan. Lalu pada kolom yang tersedia, ketikkan cmd selanjutnya tekan enter dari keyboard.


Selanjutnya, tampilan command prompt akan muncul di layar komputer Anda. Jika sudah muncul, ketikkan 'netstat' kemudian tekan enter. Setelah itu akan ditampilkan alamat IP dari pengguna dari nomor whatsapp yang Anda lacak sebelumnya. Catat alamat IP yang didapatkan tersebut.

- Track Lokasi Orang Tersebut

Langkah terakhir dari cara melacak lokasi seseorang lewat nomor whatsapp ini adalah melacak atau tracking lokasi orang tersebut. Berbekal alamat IP yang Anda dapatkan, buka situs https://www.ip-adress.com/ip_tracer/ kemudian masukkan alamat IP yang Anda dapatkan sebelumnya. Maka Anda akan mendapatkan lokasi terakhir dari orang tersebut.

2. Menggunakan Fitur Live Location


Cara selanjutnya untuk melacak lokasi seseorang lewat nomor whatsapp selanjutnya ini bisa Anda lakukan jika Anda sedang melakukan percakapan dengan orang tersebut. Jadi, cara ini hanya bisa dilakukan dengan sepengetahuan dari pengguna tersebut. Cara ini terbilang sangat efektif untuk mendapatkan lokasi orang tersebut. Tak hanya itu, fitur ini juga bisa digunakan secara berkelompok dari ruang obrolan group. Berikut caranya.

- Bagikan Lokasi Terkini

Untuk mendapatkan lokasi terkini seseorang, Anda bisa meminta orang tersebut untuk membagikan lokasinya berada. Caranya, pada ruang obrolan Anda, di bagian kanan bawah, ada ikon klip. Klik ikon tersebut, lalu pilih 'Berbagi Lokasi Terkini' dari berbagai pilihan fitur yang disediakan. Dari fitur ini Anda bahkan juga bisa memilih tingkat keakuratan lokasi hingga berapa meter.

Selain fitur berbagi lokasi terkini, Anda juga bisa menggunakan fitur berbagi lokasi secara langsung (share live location). Fitur ini bisa Anda gunakan apabila orang yang membagikan lokasi tersebut dalam posisi bergerak. 
Dengan begitu Anda bisa mengikuti secara langsung. Dari fitur ini Anda bisa menentukan lama waktu yang Anda inginkan untuk membagikan lokasi secara langsung ini.

-  Temukan Lokasi Berdasarkan Lokasi yang Dibagikan

Jika lokasi orang yang ingin Anda ketahui tersebut sudah dikirimkan kepada Anda, sekarang Anda bisa langsung melacaknya. 
Dari fitur ini Anda akan diarahkan menuju ke lokasi yang dikirimkan tersebut, layaknya Anda menggunakan aplikasi maps. 

Sedangkan jika Anda menggunakan fitur live location, Anda bahkan juga akan mengetahui jika sang pengirim lokasi melakukan pergerakan atau perpindahan. Dengan begitu Anda bisa tetap melacak keberadaan orang tersebut meskipun sudah tidak berdiam di tempat atau sedang bergerak.

Fitur whatsapp yang sangat beragam menjadikannya sebagai salah satu aplikasi perpesanan instan favorit pengguna. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengguna yang mengunduh aplikasi. 

Fitur yang ada di dalam whatsapp tidak hanya bisa digunakan untuk berkirim pesan teks atau mengirimkan file saja, bahkan juga memungkinkan Anda untuk mengetahui keberadaan pengguna lain. 

Nah, penjelasan tentang cara melacak lokasi seseorang lewat nomor whatsapp di atas bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan tertentu. Hanya dengan menggunakan nomor whatsapp Anda pun bisa menemukan keberadaan orang tersebut.

Posting Komentar untuk "2 Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat Nomor Whatsapp yang Mudah"

https://edigital.id/wbs
https://edigital.id/virol/
https://edigital.id/wacs/
https://edigital.id/wbs