Trik Mendapatkan dan Memotivasi Karyawan agar Jujur

Trik Mendapatkan dan Memotivasi Karyawan agar Jujur
Ilustrasi Karyawan Jujur


Setiap pemimpin perusahaan pasti berkeinginan memiliki karyawan yang jujur agar sikaryawan tersebut bisa berkontribusi maksimal pada perusahaan. Dan sebaiknya, pihak managemen pun tidak menutup mata dan menyamaratakan karyawan yang jujur tersebut dengan karyawan lainnya. 

Paling tidak karyawan tersebut di beri apresiasi, agar selain lebih meningkatkan motivasi dirinya, juga tentunya agar menginspirasi karyawan lainnya. Nah buat anda yang mendapatkan karyawan yang jujur berikut trik yang sebaiknya anda lakukan.

Trik Mendapatkan dan Memotivasi Karyawan agar Jujur

Perhatikan Cara Menjawab Karyawan Saat Interview

Hal yang pertama anda perhatikan sebagai seorang pimpinan perusahaan adalah memperhatikan tata cara menjawab dan berbicara karyawan saat melaksanakan interview pegawai baru. Hal ini perlu dilakukan agar perusahaan mendapatkan karyawan yang jujur sesuai keinginan perusahaan. Memeriksa secara dini, juga dapat meminimalisir terjadinya masalah ketidak jujuran karyawan di kemudian hari. Coba berikan pertanyaan seputar kejujuran, jika karyawan tersebut berekspresi yang tidak sesuai dengan hati nuraninya pasti sangat jelas terbukti kalau ia sedang berbohong.

Buat Perjanjian Tertulis

Sebelum memulai kontrak dengan seorang karyawan, ada baiknya anda membuat perjanjian tertulis antara pihak karyawan dan perusahaan. Perjanjian tersebut haruslah berisi kesediaan karyawan mengikuti apa saja aturan yang telah ditetapkan perusahaan. Bila karyawan melanggar isi dari perjanjian tersebut, sesuai kesepakatan bersama karyawan harus menanggung apa yang telah disetujuinya. Hal ini dapat meningkatkan rasa disiplin dari seorang karyawan karena mereka sudah terikat oleh perjanjian yang harus mereka jalani. Selain itu, sifat jujur juga akan terbentuk karena karyawan sudah merasa terpantau dengan adanya surat perjanjian tersebut.

Bentuk Karakter Karyawan

Selain membuat perjanjian tertulis, anda wajib membentuk karakter setiap karyawan anda. Pembentukan karakter setiap karyawan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, budaya di dalam perusahaan harus baik agar memudahkan dalam melaksanakan etos kerja yang sesuai dengan core value perusahaan. Bila perusahaan sudah menjalankan etos kerja yang baik sesaui core value, secara otomatis karyawan akan lebih meningkatkan sikap kejujurannya dan bekerja dengan sepenuh hati.

Buat Sistem Reward and Punishment

Untuk melatih karyawan agar berperilaku jujur, anda sebagai pimpinan wajib menerapkan sistem reward and punishment. Sistem ini digunakan sebagai cara untuk meningkatkan rasa jujur karyawan karena akan merangsang karyawan bersikap baik. Reward diberikan kepada siapa saja yang berlaku jujur dan punishment akan diberikan kepada karyawan yang berlaku tidak jujur. Dengan demikian, rasa jujur setiap karyawan akan bertambah serta karyawan akan terpacu untuk berbondong-bondong menjadi karyawan terjujur di perusahaan sebagai usaha mendapatkan reward. 

Pantau Gerak-gerik Karyawan

Untuk meningkatkan rasa jujur dari karyawan, anda dapat memantau gerak-gerik karyawan yang bekerja di perusahaan anda. Dengan memantaunya, anda dapat meminimalisir tingkat ketidak jujuran karyawan yang ada. Selain itu, anda juga dapat mengontrol dan menangani bila mana ada karyawan yang kurang jujur dan segera melakukan penindakan sebelum semuanya berjalan jauh tidak sesuai keinginan perusahaan. Memantau gerak-gerik karyawan dapat anda lakukan dengan cara memberinya suatu tugas yang menitik beratkan pada kejujurannya dan mulai menilai mana karyawan yang benar-benar jujur dan mana karyawan yang dirasa kurang jujur. Anda juga dapat melakukan komunikasi dengan para karyawan agar anda semakin mengerti mana karyawan yang bermasalah.

Itulah beberapa trik yang dapat anda lakukan untuk memotivasi karyawan agar berlaku jujur dan berdedikasi buat perusahaan anda.

Belum ada Komentar untuk "Trik Mendapatkan dan Memotivasi Karyawan agar Jujur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel