10 Hal Sepele yang Dapat Membatalkan Puasa, Wajib Tahu!

10 Hal Sepele yang Dapat Membatalkan Puasa, Wajib Tahu!

Pada bulan Ramadhan tahun 2022 ini menjadi Ramadhan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Masyarakat diberikan kebebasan untuk bersilaturahmi atau melakukan buka bersama. Namun tetap dengan mematuhi protokol yang ketat karena virus Covid-19 terus bermutasi dan belum sepenuhnya hilang.

Dalam menjalani ibadah puasa, Anda perlu mengetahui apa saja hal sepele yang dapat membatalkan puasa. Anda juga wajib mengetahui 10 hal berikut agar mendapatkan pahala puasa sepenuhnya. Akan sangat merugikan jika Anda batal puasa karena melakukan 10 hal sepele berikut.

Hal Sepele yang Dapat Membatalkan Puasa

Hindari melakukan 10 hal sepele yang dapat membatalkan puasa berikut ini. Pastikan Anda memilih untuk melakukan amalan puasa yang dapat menambah nilai pahala Anda saja.

1. Memasukkan Sesuatu ke Dalam Lubang Tubuh

Saat melakukan ibadah puasa, pastikan Anda tidak melakukan kegiatan seperti memasukkan sesuatu ke dalam lubang tubuh. Misalnya memasukkan minuman dan makanan ke dalam mulut, memasukkan alat vital pada lubang kemaluan dan lainnya.

2. Sengaja Muntah

Jika Anda dengan sengaja berniat ingin memuntahkan sesuatu dari dalam tubuh, maka puasa dianggap batal. Namun jika Anda muntah tanpa sengaja karena mabuk perjalanan, segera berkumur agar muntahan tidak tertelan kembali.

3. Bersetubuh

Melakukan hubungan suami istri memang diperbolehkan karena sudah sah. Namun jika suami istri melakukan kegiatan bersetubuh pada waktu puasa atau masa sebelum berbuka puasa, maka puasa yang dilakukan dianggap batal. Walaupun kegiatan suami istri tidak sampai keluar air mani, tetap akan dianggap membatalkan puasa.

BACA JUGA:  Konfirmasi Kim Ji-soo Menyiapkan Lagu Solo Sebentar Lagi!

4. Masturbasi

Kegiatan masturbasi yang terlalu sering sangat dilarang bagi kesehatan. Kegiatan tersebut pun dapat membatalkan puasa karena dengan sengaja mengeluarkan air mani. Namun jika Anda tertidur dan bermimpi sampai mengeluarkan air mani, maka hal tersebut tidak membatalkan puasa.

5. Menstruasi

Bagi seorang perempuan atau wanita yang sedang haid atau menstruasi memang tidak diperbolehkan melakukan ibadah puasa. Jika Anda melakukan puasa dengan sengaja dalam keadaan menstruasi, maka Anda akan mendapatkan dosa yang sangat besar. Kecuali jika Anda tidak menyadari jika sedang menstruasi sampai waktu berbuka puasa.

6. Wanita Melahirkan atau Keguguran

Jika ada wanita hamil yang sedang berpuasa akan melahirkan atau mengalami keguguran, maka puasanya dianggap batal. Tidak ada pengecualian untuk hal ini, karena darah akan keluar melalui lubang kemaluan wanita tersebut.

7. Nifas

Hal ini diberlakukan bagi wanita yang baru saja melahirkan. Biasanya akan terdapat masa nifas setelah melahirkan, sekitar 1 sampai 2 minggu atau lebih. Pada masa tersebut seorang wanita tidak diperbolehkan untuk melakukan puasa.

8. Hilang Kesadaran

Jika Anda mengalami hilang kesadaran baik disengaja maupun tidak, maka ibadah puasa yang dijalankan tetap batal. Contoh hilang kesadaran adalah gila atau hilang akal, pingsan seharian, tidak sadar karena sakit, tidur seharian. 

Hal sepele yang membatalkan puasa seperti tidur dari setelah imsak sampai waktu berbuka memang sangat sering dilakukan banyak orang. Namun hal berikut bisa membatalkan puasa. Jadi lebih baik Anda melakukan kegiatan seperti biasa.

9. Murtad

Murtad atau keluar dari Islam dapat membatalkan puasa. Namun murtad yang dimaksud di sini adalah ketika iman seseorang yang sedang berpuasa mulai runtuh. Hal sepele yang dapat membatalkan puasa ini juga sering dilakukan baik sengaja maupun tidak. Kegiatan atau pikiran yang meragukan Allah SWT dan Islam dapat membatalkan puasa.

BACA JUGA:  Kumpulan Kata Kata Ucapan Selamat Wisuda Terbaru 2022

10. Merokok dan Minum Minuman Keras

Bagi Anda yang sering merokok, lebih baik Anda menghentikan kegiatan tersebut di bulan Ramadhan ini. Kedua yang yang dianggap sepele tersebut dapat membatalkan puasa. Alasannya karena Anda memasukkan sesuatu ke dalam mulut dan kegiatan merokok maupun mabuk adalah nafsu.